Science Centre, One of My Future Projects

3:27 AM

Entah sejak kapan, entah awalnya karena apa, saya jadi punya keinginan untuk membangun sebuah Science Centre yang modern, entertaining, dan tentu saja edukatif. Mungkin karena iri dengan negara-negara tetangga yang sudah lebih dulu memilikinya seperti yang bisa dilihat di bawah ini:

taken from: http://www.cuti.com.my/
National Science Centre, Kuala Lumpur

taken from: http://www.etour-singapore.com/
Singapore Science Centre


Saya tahu Indonesia memang sudah punya PP IPTEK sebagai salah satu pusat pengembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi. Tetapi rasanya kok masih kurang menarik ya, terutama bagi remaja yang seumuran dengan saya. Jika saya ditanya ingin berlibur ke Dufan atau PP IPTEK, tentu saja jawabannya adalah Dufan! (walaupun saat terakhir kali pergi ke PP IPTEK-saat masih SD- saya tidak ingin cepat-cepat pulang hehe)




Saya ingin Indonesia memiliki Science Centre seperti yang dimiliki negara-negara di benua Eropa dan Amerika. Gambarnya bisa dilihat di bawah ini:


Science World, Vancouver, Kanada



Ontario Science Centre, Kanada



Glasgow Science Centre, Scotland



Our Dynamic Earth, Edinburg, Scotland




Phaeno Science Centre, Wolfsburg, Germany







Nemo; Amsterdam Science Center, Holland



Science Museum Valencia, Spain

Terlihat menarik bukan? :D

Saya juga tidak tahu apakah Science Centre yang seperti itu dapat memberikan informasi-informasi yang penting dan bermanfaat bagi masyarakat umum atau tidak. Tetapi yang jelas, pemerintah sendiri harus memiliki usaha yang kuat untuk menumbuhkan atmosfir science yang kental di negara kita tercinta ini. Karena ilmu pengetahuan merupakan akar dari kemajuan suatu bangsa. *kayaknya jadi ngalor-ngidul hehehe* Dan bisa jadi pembangunan Science Centre yang exciting, entertaining, educative, inspirative, dan inovative dapat mendukung apa yang diharapkan.

Tadi malam saat memikirkan postingan ini, tiba-tiba saya jadi punya ide baru untuk membuat Teen's Centre dimana di dalamnya terdapat fasilitas-fasilitas yang memadai bagi para remaja untuk melakukan aktivitas yang berkaitan dengan seni, olahraga, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Misalnya bangunan ini terdiri atas 10 tingkat. Tingkat 1 itu untuk olahraga. yang dibagi-bagi lagi ke dalam beberapa ruangan untuk lapangan basket, futsal, badminton, kolam renang, dan masih banyak lagi. Lantai kedua sampai lantai keempat merupakan Science Centre dimana di dalamnya terdapat berbagai gallery, exhibits, dan eksperimen yang dapat dilihat atau dicoba oleh para pengunjung. Lantai keenam dan ketujuh merupakan Art Development Centre dimana pada lantai keenam terdpat Art Gallery dan terdapat pula di lantai tersebut Art Studio yang dapat digunakan untuk membuat berbagai karya. Di lantai ketujuh terdapat sebuah ball room yang dapat digunakan sebagai tempat pertunjukan seni dan terdapat pula studio musik dan studio tari. Lantai kedelapan dan kesembilan berfungsi sebagai dorm dimana para remaja dapat menginap disitu untuk mengikuti acara semacam Summer Camp. Lantai kesepuluhnya merupakan mushola. Di bagian samping mushola, terdapat ruang observasi bintang yang cukup luas sehingga Star Party bisa diadakan setiap saat.

Itu fasilitas yang terdapat di dalam gedung, sementara di luar gedung terdapat sebuah hutan buatan yang bisa digunakan sebagai tempat camping, outbond, dan kegiatan sejenis. Terdapat pula berbagai lapangan olahraga dan beberapa wahana hiburan seperti yang ada di dufan. What a wonderful world! One thing, tempat ini dapat dikunjungi remaja manapun tanpa pungutan biaya sama sekali :) *namanya juga mimpi*

Yah, yang di atas tadi hanya uraian mimpi saya. Boleh dikritik jika memang agak tidak penting. Boleh diberi saran jika memang ada yang harus diperbaiki. Dan saya sendiri percaya, jika niat saya memang baik dan Allah melihat apa yang saya impikan itu baik, Insya Allah itu semua akan terwujud. Let's just wait and see :D

You Might Also Like

13 comments

  1. amiiiiiiiiiin
    semoga mimpi keren ini bisa jadi nyata

    ReplyDelete
  2. amiiiiiiiin
    semoga hal keren itu bisa terwujud

    ReplyDelete
  3. ahey, seperti biasa. perencanaan yang keren ;D
    semoga bisa terwujud (dan semoga saya salah satu pendirinya juga ;p) amiin :)
    HWAITING! hahaha

    ReplyDelete
  4. @t'dilla makasih sudah didoakan
    @syifa amin banget syif. tempat itu pasti sangat menyenangkan. pengeeeeen :3 HWAITING itu apa?

    ReplyDelete
  5. oke tik. nanti aku yg ngisi art development centrenya, sama yg ngelola hutannya yah.

    ReplyDelete
  6. iin i love you soooo much! mudah-mudahan kejamnya dunia gak membuat kita mundur ya untuk mewujudkan mimpi ini :D

    ReplyDelete
  7. keren euy, semoga kesampaian, tapi sayang juga yach kalo entu teen center adenye pas kita dah tue kan jadi cemburu he he

    ReplyDelete
  8. amin :) tapi kan yang penting bermanfaat dan bisa aja kita ke sana bawa anak kita ---> sangat visioner hahaha

    ReplyDelete

ayo komen disini :)

Popular Posts