First Day Riding a Motorcycle

7:59 AM

Rasulullah bersabda, "ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah" (HR Sahih Bukhari/Muslim)
Sesuai hadits di atas, sudah seharusnya seluruh umat muslim terutama para remajanya memiliki 3 kemampuan di atas; atau paling tidak memiliki usaha untuk dapat menguasai ketiga hal tersebut. Pernah suatu ketika gw sama nyokap ngomongin tentang hadits ini di dalam mobil (dan bahkan gak cuma sekali waktu). Kami berdua sepakat untuk mengambil kesimpulan seperti yang gw tuliskan di bawah ini:

Karena sekarang teknologi sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat, keberadaan kuda dan hewan sejenis mulai digantikan oleh kendaraan bermotor. Jadi dengan agak semena-mena kami menyimpulkan bahwa memiliki kemampuan untuk berkendara dapat menjadi kemampuan substitusi dari berkuda *bahasanya asal banget hahaha* Terus alat panah juga bisa disubstitusikan dengan senjata lainnya atau kemampuan bela diri. Wallahu'alam bish shawab Kalau berenang sih gak bisa digantikan sama kemampuan lain hehehe *PALING TAU*

Dan sebagai aksi nyata dari obrolan gw bersama nyokap tadi, gw melakukan... *jeng jeng jeng jeng...*

SMANSA, 3 Mei 2010
Belajar mengendarai motor!



 Sambil nunggu Oya dan Saqib yang datengnya lamaaa banget, gw iseng nyoba bawa motornya Dika dan... gw bisa kawan-kawan *pisang joged, haha kangen plurk! <--- gak penting* Bagi yang belum pernah bawa motor, ini tips-tips yang mungkin bisa mengganggu membantu:
  1. Percaya diri. Walaupun badanmu kurang tinggi, kakimu kurang panjang, dan sepatumu tidak bisa berpijak dengan baik di tanah *curhat*, yakinlah kawan; akan selalu ada orang yang siap membantumu seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas.
  2. Bersikaplah tenang. Ketika sudah mulai duduk di atas motor, jangan tertawa karena gugup. Karena itu akan mempersulit kita untuk menjaga keseimbangan.
  3. Jangan belajar mengendarai motor tanpa ditemani siapapun. Karena ketika kita jatuh, kita akan semakin malu jika tidak ada siapa-siapa. Agak menyakitkan jika harus menertawakan kebodohan kita sendirian. Itulah fungsinya memiliki teman: tertawa bersama! Dan fungsi lainnya: biarkan orang lain mengangkat motor itu ketika motornya jatuh.
  4. Jangan belajar dengan motor milik sendiri. Apakah ini terdengar aneh? Mungkin. Tapi alasannya sangat masuk akal. Karena jika kita merusakkan motor itu, kita masih bisa bersyukur karena itu bukan motor kita.
*Mohon maaf kalau tips di atas semakin lama semakin ngaco*

Dan hari itu gw baru mengerti kalau mengendarai motor itu sangat menyenangkan walaupun sebenernya nebeng jauh lebih enak. Angin bertiup sepoi-sepoi di tengah lambaian daun-daun dari pepohonan yang rindang. *lebay dan bikin males* 

Ekspresi senang setelah sukses muter-muter sedikit dengan motor itu

Tapi yang jadi masalah adalah:
  1. Kaki gw belum bener-bener nyampe dan gw harus jinjit dengan agak menyedihkan. Bahkan walaupun motornya Honda Beat
  2. Bokap gw gak ngizinin gw bawa motor kemana pun.
  3. Gw belum berani ke jalan raya
Jadi mungkin kemampuan gw dalam mengendarai motor masih patut diragukan. Tapi gw tahu Allah akan tetap menilai usaha gw dalam mengamalkan hadits di atas. Alhamdulillah gw lumayan bisa berenang walaupun asal banget tehniknya; tapi yang penting ngambang dan gak tenggelem kan? Hehehe

Kalau memanah, gw belum bisa. Sebenernya pengen belajar, tapi gak tahu dimana dan kapan. Buat yang punya saran, boleh langsung komen kok.


You Might Also Like

8 comments

  1. tikaaa
    kocak bgt deh haha
    tipsnya asal bgt deh haha

    ReplyDelete
  2. haha emang asal dan gak jelas hohoho

    ReplyDelete
  3. "..walaupun sebenernya nebeng jauh lebih enak.."

    udah pernah ngerasain nebeng Fitria atau Ipol?
    kayaknya lebih enak jalan kaki..

    ReplyDelete
  4. @ DHIEL: gw selalu berdoa kalau dibonceng mreka.. hahhaha

    ReplyDelete
  5. @teh dila hmmmmm teh fitria pernah. teh ipol belum. haha tapi kan lumayan kalo nebeng, irit ongkos. tapi serem sih kalo harus irit nyawa juga hahaha naudzubillahi min dzalik
    @ teh ndu dibonceng teh fitria bikin pegel haha suka ngerem mendadak jadi deg2an juga

    ReplyDelete
  6. hahaha. semoga makin lancar ya tik. tar kalo udah jago ajarin gw. gw belom bisa soalnyaaa ahaha.

    ReplyDelete
  7. yes ada yang lebih ga bisa :p hehehe semangat teh atana :D

    ReplyDelete
  8. hahaha iya cems yah gw. oke makanya tar ajarin gw yaaaa :D

    ReplyDelete

ayo komen disini :)

Popular Posts