Sehat Karena Enzim Pangkal

11:50 PM

"Kekayaan yang sesungguhnya adalah kesehatan, bukan emas ataupun perak." (Mahatma Gandhi)
Isi postingan kali ini cukup berhubungan dengan quote di atas. Jika ingin mendapatkan kekayaan yang sesungguhnya, mungkin anda bisa mempraktikkan tips tips yang saya tuliskan di sini. Mungkin. Wallahu'alam bish shawab.

Postingan ini seperti yang Tika janjikan di komen note a'anas. Ini summary dari buku yang baru saja saya baca. Judulnya "The Miracle of Enzyme", karya Hiromi Shinya MD. Buku ini termasuk yang recommended di gramedia soalnya waktu papa lagi bayar di kasir di Gramedia Semarang, mbak mbak nya bilang,"Buku ini bagus loh, Pak." Tetapi malang nasib mbak itu karena akhirnya Papa bilang,"Anak saya sudah beli, Mbak."Oh, oke. Bagian tadi lebai dan ga penting.


Sebelum menceritakan isi bukunya, saya terlebih dahulu akan mengenalkan siapa itu Hiromi Shinya. Hiromi Shinya adalah seorang pelopor pembedahan menggunakan kolonoskop dan dia dikenal luas sebagai salah satu dokter terkemuka di dunia. Dr. Shinya telah berpraktik kedokteran selama lebih dari 40 tahun dan telah memeriksa lambung dan usus lebih dari 300.000 orang. Dia tumbuh di Jepang dan mendapatkan gelar kedokteran disana, kemudian melanjutkan studinya di Amerika dan tinggal disana bersama istri dan anak-anaknya. Istrinya sendiri meninggal karena karena memiliki sistem kekebalan tubuh yang terlalu reaktif ketika terkena autoimun lupus, sistem kekebalan tubuhnya sudah terkuras habis. Anak-anaknya memiliki kecenderungan yang sama dengan sang ibu dan mereka sama-sama alergi terhadap susu. Saat masih bayi anaknya menderita diare dan atopic, tetapi ketika pemberian susu formula dihentikan, penyakit tersebut serta merta hilang.

Penting untuk diketahui, dari penelitiannya, Dr. Shinya menyimpulkan bahwa jika seseorang ingin sehat, ia harus menjaga pencernaannya. Jika pencernaannya tidak bersih, orang tersebut akan rentan terhadap suatu penyakit. Rasullah saw. ternyata pernah melontarkan hal yang sama.
Rasulullah S.A.W Bersabda : "Sumber penyakit adalah perut. Perut adalah gudang penyakit dan puasa adalah obat. " ( H.R. Muslim )

Dalam bukunya, yang sangat ditekankan Dr. Shiya adalah bagaimana tubuh kita hampir sepenuhnya dikuasai enzim. Enzim ikut ambil bagian dalam seluruh aktivitas yang diperlukan untuk mempertahankan kehidupan. Lebih dari 5.000 enzim vital diciptakan dalamtubuh kita dan menurut Dr. Shinya, ada suatu enzim pangkal- yaitu sejenis enzim prototipe yang belum terspesialisasi. Selama belum ada kebutuhan tertentu, enzim ini bisa berubah menjadi enzim jenis apa pun. Kadar enzim ini akan terus berkurang bersamaan seiring bertambahnya usia. Dan Dr. Edward Howell, seorang pelopor penelitian tentang enzim, juga memiliki teori tentang enzim pangkal ini yang ia sebut dengan potensi enzim,"Pada saat potensi enzim telah habis, hidup tubuh itu pun berakhir." Jadi untuk tetap sehat, kita harus berusaha menjaga enzim pangkal tersebut tetap ada dengan menjalani diet yang menambah enzim dan menguasai gaya hidup yang tidak menguras enzim pangkal.


Beberapa fakta-fakta yang ia beberkan saya rasa cukup kontroversial karena berkebalikan dari pendapat-pendapat umum yang beredar di masyarakat luas. Misalnya saja, tentang susu. Dalam 4 sehat 5 sempurna, kita diajarkan bahwa untuk sehat, sangat dianjurkan meminum susu. Tetapi faktanya, tudak ada makanan lain yang lebih sulit dicerna daripada susu. Karena kasein, yang membentuk sekitar 80 % dari protein yang terdapat dalam susu, langsung menggumpal menjadi satu begitu memasuki lambung sehingga mencernanya menjadi sangat sulit. Terlebih lagi, menurut data klinis Dr. Shinya, terdapat kemungkinan besar terbentuknya kecenderungan timbulnya alergi dari mengonsumsi susu dan produk-produk susu. Dan tidak seperti yag banyak orang ketahui, minum susu terlalu banyak malah menyebabkan osteoporosis.


Berikut ini 7 Kunci Emas Dr. Shinya untuk Hidup Sehat


1. Menu Makan yang Baik
  • 85-90% makanan nabati : 50% biji-bijian utuh (makanan darigandum utuh, beras cokelat, dsb.), 30% sayuran hijau dan kuning termasuk umbi-umbian, 10% buah-buahan
  • 10-15% protein hewani yang tidak lebih dari 85-115 gram per hari (ikan-sebaiknya ikan kecil, unggas sedikit saja, sapi dan domba-harus dibatasi atau dihindari, telur, susu kedelai, keju kedelai, susu beras, susu almond)
  • Makanan yang harus dihindari: produk-produk susu, teh (dibatasi 1-2 cangkir per hari),kopi, makanan yang manis dan gula, nikotin, alkohol, cokelat,lemak dan minyak, garm meja biasa (gunakan garam laut)
2. Air yang Baik
  • Sebaiknya minum seitdaknya 6-10 gelas per hari.
  • 1-3 gelas setelah bangun tidur di pagi hari.
  • 2-3 gelas setiap 1 jam senelum waktu makan.
3. Pembuangan yang teratur
4. Olahraga secukupnya

5. Istirahat yang cukup
6. Pernapasan dan Meditasi

7. Kebahagiaan dan cinta


*
Kebiasaan makan yang dianjurkan:
  • Kunyah makanan 30-70 kali setiap suap.
  • Makan biji-bijian utuh yang ditanam secara organik
  • Konsumsi daging hewan yang suhu tubuhnya lebih rendah dari manusia
  • Berhenti makan dan minum 4-5 jam sebelum tidur
  • Minum 8-10 gelas per hari
  • Konsumsi karbohidrat berkaulitas
  • Pilihlah lemak makanan dengan cermat.
  • Konsumsi minyak ikan
  • Konsumsi makanan berserat tinggi
  • Minum suplemen secukupnya
  • Penuhi kebutuhan mineral mikro seperti boran, tembaga, seng, dsb.


Perlu diketahui, dengan menjalankan hal-hal di atas, Hiromi Shinya tidak pernah sakit sejak berusia 19 tahun hingga saat ini. Dan dengan metode yang sama, tak satu pun dari ribuan pasien kankernya kambuh.

Mungkin dengan menjalankan tips-tips di atas, kita bisa terus sehat dan menjadi lebih produktif di sepanjang usia kita. Tetapi jujur saya sendiri belum mempraktikkan satu pun dari tips-tips di atas. Ada keinginan untuk mencoba memulai, tapi kebiasaan lama memang sulit diubah.

Disini, saya meminta tanggapannya, baik itu kritik, masukan, saran, sanggahan, atau mungkin pertanyaan, atau mungkin mau minta tanda tangan *loh?* Supaya kita bisa sama-sama belajar.

You Might Also Like

4 comments

  1. bagus tika! secara umum tulisannya udah mencangkup keseluruhan isi buku ini.. !

    BTW, ternyata ada keterkaiktan antara hasil penelitian om shinya (alah) ini dengan analisa perubahan DNA, dan cara hidup Rasulullah. Rasulullah itu sakit cuman dua kali lho, seumur hidupnya..

    insyaAllah nanti dibikin artikelnya.

    Keep up sis! :)

    ReplyDelete
  2. tik .. blognya besar, berat ... padat dan hebat !!

    ReplyDelete
  3. hm... berarti kalau saya ga suka minum susu bagus ya? hehe ^^

    ReplyDelete
  4. salah satu enzim penting dlm tubuh kita adalah enzim SOD (Super Oxide Dismutase) enzim ini berfungsi memproduksi antioksidant analog yg sangat berguna untuk mencegah berbagai penyakit degeneratif akibat serangan radikal bebas. seiring dg bertambahnya usia, maka jumlah enzim SOD ini akan berkurang. Saat ini telah ada produk antioksidant analog yg dpt bekerja seaktif enzim SOD, dibuat dg teknologi nano, dan telah terbukti dpt mencegah serta menyembuhkan berbagai penyakit degerneratif. Produk ini bernama Niwana SOD. Silahkan cek di sini : http://detoksalami.com/niwana-sod/

    ReplyDelete

ayo komen disini :)

Popular Posts