Selalu Ada Jalan

3:09 PM

Teringat hingar-bingar di ruang panitia Fathanah 2011, sebuah acara perayaan kelahiran Nabi Muhammad saw….
saat yang ditunggu belum juga hadir…
saat wajah para panitia sudah berubah panik…
saat peserta sudah bosan dan mulai mengeluh…
saat MC sudah kelabakan dan diminta turun... :p
Teringat ucapan sang ketua umum… 
“Yang buruk itu mudah, yang baik itu sulit. Tapi selalu ada jalan untuk kebaikan.” – Ghilandy Ramadhan
Gw gak bermaksud lebai, sama sekali enggak #yakingakya? #plak. Tapi percaya deh. Ucapan di atas bisa benar-benar memotivasi gw, mendongkrak semangat gw habis-habisan, mengobarkan niat tulus ikhlas, dan mem-push gw (to the limit ;D) untuk selalu ngasih yang terbaik di jalan kebaikan.--> Hahahaha ini lebai beneran 

Kata-kata ini tercetus ketika di saat-saat kritis itu, gw dengan asalnya bilang ke Dika (Rizki Fadhilah) selaku ketua panitia,

“Tenang, Dik. Yang baik mah gampang, ntar juga Allah ngasih jalannya” (sambil cengengesan ala gw. Kebayang kan?)

Dika cuma masang tampang senyum-senyum meragukan pasrah. Tiba-tiba Ghilan yang dari tadi diem aja bersuara,

“Salah, Tik.”

Gw yang sok tau dan keras kepala ini (tapi sebenernya seneng juga kalau ada yang mendebat) jadi tersulut untuk balik nanya dengan nada nyolot,

“Hah? Kok salah?”

Ghilan pun melanjutkan lagi, dengan senyum khasnya,

“Justru yang baik itu sulit, yang buruk itu mudah.”

Gw mengerutkan dahi dan berpikir… mencari benang merah dari pendapat itu dengan ucapan asal gw.
Ia pun melanjutkan.

“Tapi selalu ada jalan buat kebaikan.”

Gila. Gw speechless dan cuma ngangguk2 sok paling ngerti dengan bilang, “Oh iya iya iya”
Akhirnya, dalam ujian-ujian yang gw dapet selama ini, ucapan itu terbukti. Dan ketika gw nemuin sebuah titik dimana gw ngerasa berat,dan ngerasa gw bakal stuck. Gw inget itu.

Ya memang, jalan menuju kebaikan tidak pernah mudah, selalu penuh rintangan, penuh cobaan. Tapi kita sebagai manusia tidak punya hak untuk menyerah. Karena pada akhirnya, ketika kita tetap istiqomah di jalan panjang ikhtiar, Allah lah yang akan membukakan jalan-Nya untuk kita.

Ucapan ini kembali dibenarkan oleh Kak Oki Setianan Dewi (yang cantik dan keren minta ampun, Subhanallah…) dalam Talkshow tentang jilbab di Mentoring Fair 2011 SMAN 1 Bogor

Pada akhirnya gw cuma bisa bilang terima kasih banyak, kepada Ghilandy Ramadhan dan juga Kak Oki
You’re both so inspiring :)

You Might Also Like

0 comments

ayo komen disini :)

Popular Posts