MUN drove me CRAZY

10:29 AM

Who did expect that I would join this kind of competition?

Who did expect that I could be so motivated to improve my English skills?
Who did expect that I participated in ALSA E-MUN 2011?

I guess, the answer of those three questions are: nobody. Allah selalu punya jalan-Nya sendiri, yang sampai kapanpun tidak akan pernah bisa ditebak.

Awalnya...
Gw hanya punya keinginan (secara tiba-tiba dan random) untuk ikut lomba bahasa inggris, untuk ikut ALSA E-Comp 2011. Untuk menjadi member eASY yang berguna hehehe
Tercetus di kepala gw untuk ikut debat, sayangnya slot udah penuh.
Salsa dan Gusti nyaranin gw ikut E-MUN.
Gw daftar lomba yang menurut gw: abstrak dan complicated; di saat lagi rempong ngurusin acara, di saat gw emang belum pernah punya pengalaman ikut lomba bahasa inggris (punya sih, if those big fails in poetry reading competitions are counted)

Saat gw mulai kenal MUN...
Gw tetep aja bingung gw harus ngapain; aturan lombanya, apa yang harus gw siapin, apa yang harus gw omongin pas di lomba nanti.
Sangat sulit buat gw untuk bisa ngerti topik yang terjadi di council gw, dan jujur gw pun memilih itu dengan asal, saking butanya sama UN.
Gw mulai tertarik, though as I've stated before, gw tetep aja cangak pas A'Male menjelaskan dengan bertubi-tubi alur dari lomba ini
Ada kalanya juga gw sangat menikmati saat-saat gw research dan baca + berusaha memahami hal-hal yang gak pernah gw sentuh, bahkan cenderung gw hindari seperti data2 kriminalitas ataupun hukum dan kebijakan pemerintah
Gw sangat stress saat tahu betapa krusialnya research dalam lomba ini, dan fakta bahwa study guide CCPCJ keluar terakhir bikin gw kalang kabut.

Saat pertama kali ke FHUI...
Gw seneng banget naik kereta #kampung
Dan pertama kali gw ketemu orang-orang yang ikut E-MUN, gw sempet takut. Abis beberapa dari mereka bertampang licik dan ambisius; sementara gw sejak lahir sudah ditakdirkan berwajah imut, inosen, dan CANGAK -___-
Di sisi lain gw sangat suka atmosfir di mana perkenalan dengan teman baru adalah suatu "keharusan" kecuali kalau lu mau uang pendaftaran yang udah lu bayar (dan mahal itu, hehe) jadi sia-sia

Saat mati-matian ngejar deadline bikin Position Paper...
Satu hal yang bakal selalu gw inget, procrastination will bring you to regret. Dan E-MUN lah yang mengajarkan gw itu.
Itu pertama kalinya gw ngeluarin laptop dan ngetik di angkot saking takutnya position paper gw bakal telat.
Gw sangat panik pas tahu rumah gw gelap dan gak ada orang, ade gw di rumah sakit.
Gw nangis tersedu-sedu (setelah sekian lama gw berusaha banget untuk gak cengeng lagi) pas bisa masuk rumah dan ngelanjutin position paper yang deadlinenya 30 menit lagi
Gw lebih panik bahkan dibandingkan saat gw regen OSIS sekalipun.

Saat pertama kali ada di ruang conference...
Gw jujur sangat nervous, walaupun gw akhirnya bisa cukup menguasai diri
Gw merasa gw gak malu-maluin walaupun usaha gw belum cukup kalau gw emang mau yang terbaik.
Gw takut untuk bersikap lebih kontroversial walaupun sebenarnya gw sangat ingin #coward haha
Gw kagum sama orang-orang baru yang gw temuin. Dan gw kagum sama E-MUN, yang bisa ngebongkar karakter orang sedalem itu.
Gw mulai jatuh cinta, di sisi lain, gw mulai ketakutan.
Ardi bilang gw kayak lemper #sial

Saat selesai hari pertama E-MUN...
Gw agak frustrated, baru tahu kalau orang keren di dunia ini tuh banyak :p

Saat lomba ini selesai...
Gw kangen, ya kangen; dengan suasana conference, dengan "Is there any motion on the floor?", dengan "Honorable Chair", dengan "Please raise your placards"
Akhirnya gw jatuh cinta dan ketagihan sama MUN
Dan gw sadar kalau kompetisi bisa membangkitkan semangat lu habis-habisan, dan memang bisa membantu lu untuk improve skills yang lu punya :)

Ternyata selalu ada jalan, kok, jika kita memang ingin menghabiskan waktu kita untuk hal-hal yang bermanfaat. Ya, akan selalu ada jalan :)

You Might Also Like

2 comments

  1. Haha, emang MUN itu oke banget, kan, Tik? ;) dan nggak cuma buat fun [selagi mengisi waktu luang], tapi juga banyak pelajaran yang bisa didapet di sono :D

    Semoga pelajaran-pelajarannya dapat diterapkan sehingga u menjadi orang yang semakin baik! :D

    P.S.
    Bahkan wa baru tau MUN bisa ngalahin regen OSIS dalam masalah ribetnya :lol: haha, keep rocking, Tik! :D

    ReplyDelete
  2. @a'male oke banget a :DDD yap, mudah2an pelajaran yg tika dapet di EMUN bisa jadi bermanfaatt banget, buat jadi arsitek yang keren ;)

    hahaha di regen OSIS gak pernah harus naik kereta dan deadline tugas jam 9 malem gak pernah ada :p makanya panik dan stress banget waktu hari jumat itu

    ReplyDelete

ayo komen disini :)

Popular Posts